Panduan Singkat Wisata Madagaskar

Memimpikan liburan tropis yang dihabiskan untuk bersantai di pulau-pulau indah, menjelajah melintasi hutan hujan hijau, hiking di sekitar formasi batu yang menjatuhkan rahang dan melihat satwa liar yang unik? Kemudian atur pemandangan Anda di Madagaskar.

Terletak di Samudra Hindia, sekitar 743 mil di sebelah timur Mozambik, surga Afrika ini adalah pulau terbesar keempat di dunia. Sekitar 19.000 jenis tanaman dapat ditemukan di 47 taman nasional dan cagar alam, tetapi hewan-hewan uniknya merupakan daya tarik utama bagi pecinta alam. Semua 100 lebih spesies lemur di dunia menyebut negara pulau ini sebagai rumah, seperti halnya lebih dari 340 jenis bunglon dan berbagai jenis burung.

Meskipun Anda mungkin akan menghabiskan waktu di daerah padat penduduk seperti Antananarivo (ibukota negara itu) dan Nosy Be (sebuah pulau kecil di lepas pantai barat laut daratan), Madagaskar dipenuhi dengan daerah-daerah yang siap untuk dijelajahi. Wisatawan dapat pergi ke pantai untuk snorkeling di sekitar Nosy Sakatia atau berenang di The Three Bays , dan para penggemar fotografi dapat mengambil foto matahari terbit yang menakjubkan atau terbenam di Morondava’s Avenue of the Baobab .

Penggemar kebugaran, sementara itu, memiliki akses ke jalur hiking di Cagar Alam Anja , ditambah Cagar Alam Ketat Tsingy de BemarahaPuncak batu kapur yang menjulang tinggi, yang ideal untuk memanjat. Jika Anda lebih suka berlibur Malagasi yang lebih klasik, pergilah jauh ke taman nasional seperti Isalo dan Mantadia untuk menonton lemur, boa constrictors, dan lebih banyak tinggal di pepohonan.

Bulan Terbaik untuk Dikunjungi

Waktu terbaik untuk mengunjungi Madagaskar adalah dari bulan April hingga Oktober. Musim kemarau ini membawa lebih sedikit hujan, yang berarti kondisi optimal untuk mengamati binatang, hiking, dan berpartisipasi dalam kegiatan olahraga air. Meskipun tingkat akomodasi lebih tinggi pada saat ini, properti akan lebih mudah diakses karena jalan-jalan negara itu jelas. Suhu juga akan lebih nyaman daripada saat musim hujan.

Cara Menyimpan Uang di Madagaskar

  • Gunakan taxi-brousse Meskipun moda transportasi ini terkenal lambat, taxi-brousse adalah salah satu cara yang paling terjangkau di negara ini untuk melakukan perjalanan jarak jauh.
  • Berhati-hatilah dengan biaya jejak Beberapa jalur, seperti yang ditemukan di Taman Nasional Isalo dan Taman Nasional Mantadia , hanya dapat diakses setelah membayar tiket masuk taman, ditambah biaya jejak. Untuk menghemat uang, pilih untuk menjelajahi jalur di mana tidak ada biaya tambahan, seperti Sirkuit Kindro Taman Nasional Lokobe dan jalur Ramy Circuit.
  • Kendalikan sebuah tenda Akomodasi mewah di Madagaskar dapat berharga lebih dari $ 500 per malam, jadi pertimbangkan untuk berkemah di kawasan lindung seperti Cagar Alam Anja atau Cagar Alam Sting Tsingy de Bemaraha . Ruang perkemahan biasanya $ 2 hingga $ 12 per malam untuk dipesan.

Budaya & Bea Cukai

Merupakan rumah bagi 18 kelompok etnis utama, Madagaskar adalah negara kepulauan yang beragam. Bahasa Malagasi dan Prancis adalah bahasa resmi negara tersebut, yang belakangan diperkenalkan ketika Prancis menjajah wilayah tersebut dari tahun 1896 hingga 1960. Anda juga dapat menemukan beberapa orang Malagasi yang berbicara bahasa Inggris, tetapi yang terbaik adalah menggunakan bahasa Malagasi atau Prancis jika memungkinkan. Dari dua bahasa utama, bahasa Malagasi lebih umum digunakan. Beberapa istilah dan frasa penting bahasa Malagasi dan Prancis untuk digunakan saat bepergian di Madagaskar termasuk “manao ahoana e” dan “bonjour” (halo), “Manao ahoana ny fahasalamanao?” dan “Mengomentari alle-vous?” (Bagaimana kabarmu?), “Tsy azoko” dan “Je ne comprend pas” (saya tidak“Mahay miteny angisy ve ianao?” dan “Parlez-vous anglais?” (Apakah Anda berbicara bahasa Inggris?), Dan “veloma” dan “au revoir” (selamat tinggal).

Pengunjung diharapkan memberikan tip untuk layanan terkait pariwisata, tetapi tip tidak diperlukan untuk layanan taksi. Merupakan kebiasaan untuk memberi tip 5 hingga 10 persen dari tagihan makanan Anda di restoran yang tidak mencantumkan biaya layanan pada kwitansi, sedangkan karyawan hotel (berpikir: pelayan hotel dan pembantu rumah tangga) harus menerima sekitar 2.000 ariary Malagasi (kurang dari $ 1) setiap kali menginap. Pemandu wisata biasanya memperkirakan 10.000 hingga 20.000 ariary Malagasi (atau $ 3 hingga $ 6) per hari, dan Anda harus membagikan sekitar 5.000 hingga 10.000 ariary Malagasi (atau $ 1,50 hingga $ 3) per hari untuk pengemudi.

Makan apa

Masakan utama di Madagaskar adalah Malagasi dan Perancis, dengan tarif Prancis umumnya lebih mahal. Antananarivo dan Nosy Be dianggap sebagai kota terbaik untuk bersantap mewah dan menjadi rumah bagi banyak restoran paling populer di negara ini. Untuk hidangan Prancis klasik, para pelancong menyarankan La Rhum Riz – Chez Nono di Nosy Be dan Le Restaurant La Varangue , KUDéTA dan Restaurant Sakamanga di Antananarivo. Chez Loulou dan Chez Mama dari Nosy Be juga sangat dihargai karena hidangan Malagasi otentik mereka, seperti ravitoto (hidangan daging babi dan daun singkong yang biasanya disajikan dengan nasi putih) dan romazava (sup yang dibuat dengan daging sapi, ayam atau babi dan sayuran berdaun hijau) .

If you’re willing to trek outside Madagascar’s culinary meccas, try grabbing a bite to eat at Le Restaurant Mad-Zébu de Belo, which is in the small town of Belo Tsiribihina. Though service is sometimes slow, visitors say the European-inspired dishes are as tasty as those served in many Michelin-starred restaurants. L’Idylle Beach, on Nosy Boraha (also known as Île Sainte-Marie), is also recommended for French cuisine and panoramic ocean views.

Untuk makanan yang lebih terjangkau, pertimbangkan menikmati beberapa ongkos jalan negara. Di pasar harian Antsirabe, Anda akan menemukan pedagang asongan yang menjual makanan jari goreng seperti nem (eggrolls) dan sambosa (mirip dengan samosa, atau kue kering berbentuk segitiga diisi dengan kentang dan daging sapi). Pasar Analanan Antananarivo, sementara itu, menawarkan sederetan buah segar (pikirkan: leci, pisang dan pepaya), ditambah ikan segar dan hidangan daging panggang.

Keamanan

Pencopetan dan pencurian barang dari klaim bagasi Bandara Internasional Ivato terjadi secara teratur di Antananarivo. Selain itu, serangan kekerasan terhadap pelancong terkadang terjadi di daerah-daerah seperti Nosy Be dan Tamatave, dan jalan raya terpencil sering menjadi sasaran perampokan. 

Terlebih lagi, pertengkaran di jalan dan kecelakaan lalu lintas yang dirancang untuk membuat keributan dan menghasut kekerasan terhadap orang asing menjadi semakin umum. Sebagai akibatnya, yang terbaik adalah menyadari barang-barang dan lingkungan Anda setiap saat dan untuk menghindari jalan yang tidak berpenghuni dan sengketa publik.

Sejak pemerintahan yang demokratis terpilih pada 2014, peristiwa politik yang penuh kekerasan jarang terjadi. Namun, insiden mematikan memang terjadi dari waktu ke waktu, jadi yang terbaik adalah menghindari atau tetap waspada ketika mengunjungi gedung-gedung pemerintah, arena olahraga nasional dan monumen bersejarah di Antananarivo.

Malaria dapat ditularkan dari nyamuk Malagasi yang membawa penyakit ini. Untuk melindungi diri Anda saat tinggal di pedesaan, kenakan pakaian lengan panjang dan obat nyamuk dengan DEET (bahan kimia yang membuat nyamuk sulit mencium Anda). Anda juga akan ingin berbicara dengan dokter Anda sebelum perjalanan Anda untuk mendapatkan obat anti-malaria dan membahas kemungkinan efek samping obat.

Departemen Luar Negeri AS sangat menyarankan semua orang Amerika yang berencana berlibur di Madagaskar untuk mendaftar ke Program Pendaftaran Pelancong Cerdas gratis , yang memberi tahu kedutaan terdekat atau konsulat perjalanan Anda. Masalah keamanan tambahan dan tips keselamatan untuk Madagaskar dapat ditemukan di situs web Departemen Luar Negeri AS .

Bepergian Madagaskar

Cara terbaik untuk berkeliling Madagaskar adalah dengan menyewa mobil dengan sopir atau bergabung dengan tur yang terorganisir. Penyewaan mobil biasanya disertai dengan pengemudi sebagai bagian dari tarifnya dan memberi Anda fleksibilitas paling tinggi dengan rencana perjalanan Anda. Namun, wisata biasanya mencakup biaya akomodasi dan beberapa atau semua makanan, tetapi Anda harus tetap pada jadwal yang ditentukan dan bepergian dengan pengunjung lain. Pilihan transportasi umum yang terbatas juga tersedia, tetapi layanan yang terjangkau ini lambat dan seringkali tidak nyaman dan tidak aman. Untuk perjalanan yang lebih lama antara kota-kota tertentu, perjalanan dengan pesawat dapat diatur. Untuk mencapai pulau tersebut, Anda harus terbang ke Bandara Internasional Ivato (TNR) di Antananarivo atau tiba dengan kapal pesiar ke berbagai tempat di Malagasi, termasuk Antsiranana, Nosy Be dan Tamatave, melalui operator kapal seperti Costa Cruises  danMSC Cruises .Lihat detail untuk Berkeliling

Persyaratan Masuk & Keluar

Untuk memasuki Madagaskar, Anda memerlukan paspor AS yang berlaku selama enam bulan setelah tanggal kedatangan Anda dan memiliki tiga halaman visa kosong. Visa turis diperlukan untuk masa inap kurang dari 90 hari, yang dapat dibeli di Kedutaan Besar Madagaskar di Washington, DC, atau pelabuhan masuk mana pun di Madagaskar. Biaya visa $ 28,70 untuk masa inap hingga 30 hari; $ 35,88 untuk masa inap yang bertahan antara 30 dan 60 hari; dan $ 50,23 untuk masa inap yang bertahan selama 61 hingga 90 hari. Untuk visa yang dibeli pada saat kedatangan, hanya dolar, euro, dan ariary Malagasy yang diterima. 

Sertifikat Vaksinasi Internasional yang disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (juga dikenal sebagai “kartu kuning”) juga diperlukan jika Anda telah mengunjungi atau singgah di negara di mana demam kuning muncul hingga enam bulan sebelum kedatangan Anda. Informasi tambahan tentang persyaratan masuk dan keluar dapat ditemukan di Kedutaan Besar Madagaskar situs dan Departemen Luar Negeri AS situs .

Sumber: https://travel.usnews.com/Madagascar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *