Mengunjungi Taman Nasional Serengeti Di Tanzania Afrika

Mengapa Pergi Ke Taman Nasional Serengeti

“Masih banyak yang bisa dilihat daripada yang bisa dilihat, lebih banyak yang harus dilakukan daripada yang bisa dilakukan.” Ketika musisi Elton John dan Tim Rice menulis lagu pembuka untuk Disney “The Lion King,” mereka menggambarkan “Circle of Life.” Tapi lirik ini berfungsi sebagai deskripsi yang cocok untuk Taman Nasional Serengeti yang terkenal di dunia. Taman permainan yang megah ini terbentang di 5.700 mil persegi Tanzania utara di Afrika Timur. 

View this post on Instagram

safari outtakes part III #film

A post shared by Nik (@eggplantparm) on

Ketika pemburu Amerika yang berubah menjadi pelestari lingkungan, Stewart Edward White pertama kali menginjakkan kaki di Serengeti pada tahun 1913, ia menggambarkan perjalanan itu: “Kami berjalan bermil-mil di atas negara yang terbakar … Lalu aku melihat pohon-pohon hijau di sungai, berjalan dua mil lebih banyak dan menemukan diri saya di surga. “

Dalam batas-batas Serengeti, Anda akan mendengar ribuan binatang: Hyena berkotek saat gajah menginjak-injak jalan safari yang sudah usang dan kuda nil mencebur ke dalam lubang berair. Dan pada suatu waktu, lebih dari 2.000 singa siap menerkam mangsa yang tidak curiga, bersiap untuk mengejar target sial mereka melalui gelombang rumput emas yang tampaknya tak berujung. 

Pemandangan berdesir dengan langkah cepat jerapah miring, dan cabang-cabang pohon bergetar dengan gerakan setiap monyet. Tetapi situs yang paling ajaib yang akan Anda saksikan adalah The Great Migration , di mana surga White ditenggelamkan oleh lautan binatang karena lebih dari satu juta rusa kutub, zebra dan rusa melintasi Serengeti untuk mencari padang rumput yang lebih hijau.

Bulan Terbaik untuk Dikunjungi

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Serengeti adalah dari Januari hingga Februari atau dari Juni hingga September, meskipun Anda harus merencanakan perjalanan Anda di sekitar pergerakan The Great Migration . Sebagai contoh, musim dingin adalah waktu terbaik untuk melihat kawanan di Serengeti Selatan, sedangkan Koridor Barat dan Serengeti Utara adalah tempat terbaik untuk menghabiskan bulan-bulan musim panas dan musim gugur. 

Sebagian besar operator safari akan memiliki gagasan yang baik tentang ke mana arah hewan tersebut dan kapan, dan sebagian besar akan menyesuaikan rencana perjalanan mereka berdasarkan pergerakan kawanan. Suhu tetap relatif konstan dengan tertinggi siang hari beristirahat di tahun 80-an. Anda akan menemukan cuaca yang lebih sejuk di Kawasan Konservasi Ngorongoro  karena ketinggiannya yang lebih tinggi. Bulan April dan Mei menyaksikan curah hujan terbanyak, dan banyak pondok serta pondok ditutup karena musim yang lebih lambat ini.

Cara Menghemat Uang di Taman Nasional Serengeti

  • Safari jalan Anda melalui Serengeti Anda dipersilakan mengemudi sendiri melalui Serengeti, tetapi memilih safari akan menyelamatkan Anda dari biaya sewa mobil dan harga gas. Plus, sebagian besar safari termasuk penginapan, makanan dan transportasi ke dan dari lapangan terbang.
  • Kasar Ada beberapa pondok yang berlokasi di Serengeti yang menawarkan semua fasilitas hotel mewah dan pemandangan taman yang indah. Namun, Anda akhirnya akan membayar satu sen cukup untuk sebuah kamar, jadi pertimbangkan untuk mendirikan tenda di salah satu dari sembilan tempat perkemahan taman untuk menghemat uang Anda. Ingatlah untuk mendapatkan izin dari Taman Nasional Tanzania (atau TANAPA) sebelum Anda tiba.
  • Bersiaplah Setelah Anda berada di Serengeti, sumber daya langka, artinya dasar-dasarnya sangat mahal, jadi bungkus atau beli apa pun yang Anda butuhkan – mulai dari baterai kamera ekstra hingga Band-Aids – sebelum Anda memasuki taman.

Budaya & Bea Cukai

Mata uang resmi di sini adalah Shilling Tanzania (TZS). Satu shilling sama dengan kurang dari satu sen Amerika, tetapi  periksa nilai tukar terbaru  sebelum Anda mengunjungi. Baik shilling dan dolar AS umumnya diterima di seluruh taman, namun, Anda akan mendapatkan kesepakatan yang lebih baik jika Anda membayar dengan shilling.

Untuk memasuki Taman Nasional Serengeti, wisatawan akan dikenakan biaya $ 25 setiap hari yang dikunjungi. Jika Anda berencana mengemudi di taman, biaya tambahan $ 5 per hari berlaku. Biaya masuk biasanya ditanggung oleh paket safari dan tarif agen perjalanan. Begitu masuk, tip dari $ 5 hingga $ 10 per hari diharapkan untuk pengemudi dan layanan safari yang diterima di kamp dan pondok, sementara itu adalah praktik umum untuk meninggalkan 10 persen dari total tagihan Anda sebagai tip ketika makan di restoran pondok. ATM tidak tersedia di Serengeti, jadi pastikan untuk mengambil uang sebelum tiba di taman.

Tourists may see the Serengeti as a natural playground, but members of the indigenous Masai ethnic group see it as home. The Masai are a semi-nomadic people found in Kenya and northern Tanzania. Their brightly colored clothing and distinctive customs – namely, their unique music and dance and intricate jewelry – make them one of Africa’s most well-known ethnic groups.

Pemandu Safari juga berbicara bahasa Inggris,  dan Anda wajib mengikuti instruksi pemandu Anda setiap saat. Serengeti menampung banyak hewan, dan pemandu Anda akan tahu cara terbaik menangani (atau lebih baik menghindari) situasi berbahaya. Tetap di kendaraan Anda setiap saat (kecuali jika pemandu Anda memberi Anda izin untuk keluar) dan tidak pernah mencoba memberi makan hewan. Dan untuk melindungi dari sinar dan serangga di kawasan itu saat satwa liar melihat, bawalah barang-barang kebutuhan safari seperti semprotan serangga dan tabir surya. 

Makan apa

Restoran sangat sedikit di Taman Nasional Serengeti, tetapi jika Anda ingin menikmati hidangan duduk, Anda beruntung – beberapa pondok taman menyajikan satu atau lebih restoran di tempat. Serengeti Serena Safari Lodge, misalnya, memiliki restoran yang berspesialisasi dalam makanan bergaya prasmanan dengan safari tradisional dan hidangan Tanzania, seperti kopi dan teh yang bersumber secara lokal, nyama choma (daging panggang) dan ugali (hidangan jagung yang memiliki bubur- seperti konsistensi). 

Dan di Four Seasons Safari Lodge Serengeti, tersedia tiga tempat makan, termasuk teras terbuka dengan pizza dan tapas yang terinspirasi Afrika dan prasmanan dalam ruangan dengan berbagai hidangan Afrika dan internasional. Boma Grill, restoran ketiga di properti, tempat duduk tamu di sekitar lubang api terbuka ketika mereka menikmati hidangan Afrika dan menonton Masai melakukan tarian tradisional. Banyak penginapan di Serengeti juga akan menawarkan pengalaman bersantap di semak-semak, di mana pengunjung dapat menikmati hidangan pribadi di alam liar.

Namun, sebagian besar wisatawan memilih untuk menggunakan safari (sebagian besar mencakup semua makanan dengan tarif tur) atau membeli makanan di salah satu toko taman untuk disiapkan di tempat perkemahan. Operator tur Safari yang menyediakan makanan di pondok atau kotak untuk menikmati gaya piknik termasuk Africa Dream Safaris dan Serengeti Select Safaris . 

Perlu diingat bahwa beberapa perusahaan membebankan biaya tambahan untuk minuman ringan dan minuman beralkohol. Bagi para pelancong yang memiliki anggaran terbatas, taman ini menjual minuman, makanan ringan, dan daging mentah untuk dipanggang di toko-toko di Lembah Sungai Seronera dan Bukit Naabi .

Berkeliling Taman Nasional Serengeti

Cara terbaik untuk berkeliling Taman Nasional Serengeti adalah dengan safari. Panduan Safari tahu cara terbaik menavigasi jalan tanah taman dan bagaimana menemukan satwa liar yang paling menarik. Banyak paket safari juga mencakup transportasi ke dan dari lapangan terbang, makanan, dan penginapan. 

Jika Anda memilih untuk bepergian sendiri, Anda dapat menyewa mobil (dan bahkan menyewa pengemudi) di Bandara Internasional Kilimanjaro (JRO), yang terletak sekitar 190 mil di sebelah timur pintu masuk utama taman, Gerbang Bukit Naabi. Selain itu, kelima wilayah Serengeti – Serengeti Utara, Koridor Barat, Serengeti Timur, Serengeti Tengah, dan Serengeti Selatan – dapat diakses melalui udara melalui beberapa operator regional dan sembilan landasan udara internal.

Persyaratan Masuk & Keluar

Untuk memasuki Tanzania, warga negara AS harus memiliki paspor dan visa pengunjung yang valid. Paspor harus menyertakan setidaknya satu halaman visa kosong dan berlaku untuk minimum enam bulan setelah tanggal kedatangan Anda. Biaya visa $ 100 dan dapat diperoleh sebelum perjalanan Anda di konsulat Tanzania atau pada saat kedatangan di titik masuk yang dikelola oleh petugas imigrasi. 

Sebelum bepergian ke wilayah tersebut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan untuk menerima vaksinasi untuk hepatitis A dan B, rabies dan tipus di atas vaksin reguler seperti polio dan campak. Karena prevalensi nyamuk di Serengeti, beberapa dokter mungkin juga meresepkan obat anti-malaria untuk diminum sebelum, selama dan setelah perjalanan Anda. 

Dan pelancong yang tidak memiliki penerbangan langsung dari AS atau Eropa perlu mendapatkan vaksinasi demam kuning dan menunjukkan bukti vaksinasi ketika mereka tiba. Untuk informasi lebih lanjut tentang visa dan vaksin, kunjungi Departemen Luar Negeri AS situs  dan CDC situs .

Sumber: https://travel.usnews.com/Serengeti_National_Park_Tanzania/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *